23 January 2011

Tiga Gol Van Persie Lambungkan Arsenal

London - Arsenal naik satu peringkat ke posisi kedua Liga Inggris untuk menempel ketat Manchester United. The Gunners menekuk Wigan Athletic 3-0 lewat tiga gol Robin van Persie.

Van Persie memang menjadi bintang kemenangan Arsenal dalam laga yang dihelat di Emirates Stadium, Sabtu (22/1/2011), itu dengan torehan tiga golnya.

Arsenal sendiri berpeluang untuk menang dengan selisih empat, tetapi tendangan penalti Van Persie di menit 71 gagal masuk. Selain penalti, Wigan juga dihukum dengan kartu merah untuk Gary Caldwell.

Dengan tiga angka ini, Arsenal sementara telah mengumpulkan 46 poin dari 23 pertandingan. Tim asuhan Arsene Wenger itu unggul satu angka dari Manchester City tetapi tertinggal dua angka dari MU yang ada di puncak.

Jalannya pertandingan
Baru empat menit laga berjalan, Arsenal sudah mengancam. Sebuah tendangan deras Samir Nasri memaksa kiper Wigan, Ali Al-Habsi, menjatuhkan diri untuk menepisnya.

Di menit kedelapan, ancaman kembali menghampiri gawang Wigan. Kerja sama apik dari Gael Clichy diteruskan Theo Walcott ke Van Persie, tetapi sepakan Van Persie bias ditepis Al-Habsi.

Arsenal membuka angka di menit 21. Dari umpan terobosan Alexander Song, Van Persie mengarahkan si kulit bundar masuk gawang Wigan dengan sentuhan kaki kirinya.

Al-Habsi kembali menyelamatkan gawangnya di menit 31. Dari umpan silang Bacary Sagna, bola diteruskan Nasri ke depan Cesc Fabregas yang langsung menembak, tetapi tepisan Al-Habsi membuatnya tidak jadi gol.

Di babak kedua, Arsenal tetap gencar menggempur. Dari tendangan bebas Fabregas di menit 58, bola dilambungkan ke arah Van Persie yang dengan sebuah tendangan voli mencetak gol kedua bagi dirinya sendiri dan bagi Arsenal.

Kekuatan Wigan berkurang jadi 10 orang sejak menit 70. Caldwell diusir wasit usai melanggar Fabregas di kotak penalti. Namun eksekusi penalti Van Persie gagal karena melambung tinggi.

Dua menit berselang, Van Persie kembali gagal mencatatkan hat-trick. Kali ini, sepakan kaki kiri striker Belanda itu membentur sisi luar tiang gawang Al-Habsi.

Rasa penasaran Van Persie terbayar lima menit sebelum bubaran. Gol ketiga ia ciptakan dengan sontekan dari mulut gawang meneruskan umpan matang dari Walcott.

Susunan pemain
Arsenal: Szczesny, Sagna, Koscielny, Djourou, Clichy, Song, Wilshere, Fabregas (Denilson 87), Nasri (Arshavin 75), Walcott, Van Persie (Chamakh 86)

Wigan: Al Habsi, Gohouri, Gary Caldwell, Steven Caldwell, Figueroa, Thomas, Diame (Di Santo 46), Stam (McArthur 46), Watson, N'Zogbia (Boyce 78), Rodallega

No comments: